Langsung ke konten utama

Pemaknaan Kitab Kuning Dengan Menggunakan Makna Gandul di Era Milenial: Antara Tradisi dan Sistem

Pondok Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan dengan latar belakang agama. Biasanya Pondok Pesantren dipimpin oleh seorang Kiyai atau dengan sebutan-sebutan lainnya, seperti Abuya, Abah yai, Abah, Babah dan lain-lain. Adapun yang menjadi pelajarnya disebut dengan santri.

Di Indonesia Pondok Pesantren digolongkan menjadi dua, yaitu Pondok Pesantren Salaf dan Pondok Pesantren Modern. Pondok Pesantren pada umumnya mengajarkan al-Qur’an dan pengkajian kitab-kitab kuning, juga mengkaji tata krama dan sopan santun (akhlak) agar bisa diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari, baik itu Pondok Pesantren Salaf atau pun Pondok Pesantren Modern. Akan tetapi, yang menjadi titik pembeda di sini terletak pada kurikulum pembelajarannya.

Dalam kurikulum Pondok Pesantren Salaf, sistem pembelajarannya masih melestarikan budaya pegon atau makna gandul - hingga saat ini. Berbeda dengan Pondok Pesantren Modern, kurikulum atau sistem pemaknaan dengan aksara pegon atau makna gandul sudah jarang sekali diadopsi sebagai media pembelajaran, pasalnya Pondok Pesantren Modern sudah memiliki sistem pembelajaran baru yang dinilai lebih efektif, dengan menghafalkan kamus atau kitab-kitab mufradat misalnya, sehingga santri tidak lagi kesulitan mengalih-bahasakan ke dalam bahasa Jawa terlebih dahulu, karena kosa-kata yang dihafalkannya sudah banyak dan bisa dikatakan sudah mumpuni.

Penggunaan aksara (abjad) Arab pegon (bahasa Jawa yang ditulis menggunakan huruf hijaiyah) selain dari pada tujuan politik pada zaman kolonial, bertujuan untuk mempermudah santri atau masyarakat pada saat itu memahami maksud dari isi kitab. Sedangkan makna gandul itu ditujukan untuk mempermudah santri mengetahui tingkatan bahasa (hierarki linguistik). Misalnya penggunaan makna gandul yang ditandai dengan huruf “mim”, itu menunjukkan bahwa tingkatan kata tersebut adalah mubtada’ (subjek). Ada lagi misalnya ditandai dengan huruf “kha’”, berarti menunjukkan tingkatan kata tersebut berupa khabar. Begitu juga ditandai dengan huruf “mim-fa’” yang berarti menunjukkan maf’ul bih (objek), huruf “fa’” yang berarti menunjukkan fa’il (subjek) dan lain sebaginya. Metode seperti ini akan sangat membantu pembelajaran santri mengetahui tingkatan bahasa (hierarki linguistik) atau dalam dunia Pesantren lebih dikenal dengan istilah tarkib nahwu dan sarafnya.

Penggunaan aksara pegon dan makana gandul dalam dunia Pondok Pesantren Modern tidak semuanya mengadopsi sistem ini. Karena Pondok Pesantren Modern lebih mengedepankan metode-metode praktis dalam kurikulum pembelajarannya, dengan tujuan pembelajaran tidak terlalu muluk-muluk. Akan tetapi tujuan dari pada adanya Pondok Pesantren itu sendiri guna menjadi fungsi sebagaimana mestinya, yakni mengajarkan al-Qur’an dan kitab-kitab kuning dan lain sebagainya. Hanya saja berbeda pada sistem pembelajarannya seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Di akhir, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan aksara pegon atau makna gandul itu sudah bertransformasi menjadi sebuah sistem. Pada mulanya memang penggunaan aksara pegon dan makna gandul tersebut hanyalah sebuah tradisi yang berkembang dari masa lalu. Kemudian, tradisi tersebut terus-menerus dilestarikan dan dikembangkan sehingga hal tersebut secara tidak langsung menjadi sistem yang absolut, seakan-akan antara penggunaan makna pegon dan makna gandul tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Sudah seharusnya bagi kita semua yang notabene santri salaf dan juga menghargai kebudayaan turut melestarikan dan menjaga kebudayaan tersebut. Karena hal ini merupakan bagian penting di mana Islam pertama kali disyiarkan dengan menggunakan bahasa pegon.

Komentar

Posting Komentar

Cerpen

Cerita Babah Ghofur Ketika Di Pesawat

Ada sebuah kisah yang dipaparkan oleh Dr. KH. Abdul Ghofur Maimun, MA. Cerita ini disampaikan bertepatan dengan malam nuzulul Qur’an, 17 Ramadhan 1443 H yang bertepat di PP. Al-Anwar 3, Sarang. Sebelum itu, Dr. KH. Abdul Ghofur Maimun, MA. atau lebih akrab disapa dengan Babah Ghofur di kalangan santri-santrinya, berkisah bahwa penetapan malam Nuzulul Qur’an yang diperingati setiap malam 17 Ramadhan ternyata tidak hanya di Indonesia saja. Di Mesir dan di sebagian besar begara Muslim juga memperingati malam 17 Ramadhan sebagai malam nuzulul Qur’an. Babah Ghofur membacakan dua hadis Nabi Ṣalla Allāhu ‘Alayhi Wa Sallam, Pertama, hadis yang diriwayatkan oleh Anas ra. حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْخَلَّالُ حَدَّثَنَا عَفَّانُ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ حَدَّثَنَا ثَابِتٌ عَنْ أَنَسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَكَلَ طَعَامًا لَعِقَ أَصَابِعَهُ الثَّلَاثَ وَقَالَ إِذَا مَا وَقَعَتْ لُقْمَةُ أَحَدِكُمْ فَلْيُمِطْ عَنْهَا الْأَذَى وَ

Madrasah Bulan Ramadhan

Malam peringatan haul KH. Zubair Dahlan sekaligus memperingati malam Nuzulul Qur’an yang diadakan di PP. Al-Anwar 3, Sarang. Dalam ceramahnya, Dr. KH. Abdul Ghofur Maimun, MA., putra dari KH. Maimun Zubair sekaligus cucu dari KH. Zubair Dahlan menyebut bulan Ramadhan sebagai madrasah. “Bulan Ramadhan ini merupakan  madrosaturromadon  bagi kita semua”. Begitu ungkap beliau. Beliau mengungkapkan bahwa untuk merubah kepribadian atau kebiasaan seseorang hanya dibutuhkan waktu 30 hari saja. Sehubungan bertepatan dengan bulan Ramadhan, ini bisa kita jadikan sebagai ajang latihan. Hal apa saja sih yang bisa kita jadikan sebagai latihan? Pertama, bangun sebelum subuh Ini mungkin suatu hal atau kebiasaan yang sudah lumrah terjadi di kalangan para santri. Selain tujuan pendidikan, para santri dilatih untuk bisa bangun lebih awal. Dalam dunia pesantren tradisi bangun sebelum subuh pasti diajarkan dan diterapkan. Kebiasaan bangun sebelum subuh, dalam kacamata masyarakat awam rupanya

Doa Fajar

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ. اللَّهُمَّ صّلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan keharibaan Muhammad dan juga kepada keluarganya. اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ رَحْمَةً مِنْ عِنْدِكَ، تَهْدِيْ بِهَا قَلْبِيْ، وَتَجْمَعُ بِهَا شَمْلِيْ، وَتَلُمُّ بِهَا شَعْشِيْ، وَتَرُدُّ بِهَا أُلْفَتِيْ، وَتُصْلِحُ بِهَا دِيْنِيْ، وَتَحْفَظُ بِهَا غَائِبِيْ، وَتَرْفَعُ بِهَا شَاهِدِيْ، وَتُزَكِّيْ بِهَا عَمَلِيْ، وَتُبَيِّضُ بِهَا وَجْهِيْ، وَتُلْهِمُنِيْ بِهَا رُشْدِيْ، وَتَقْضِيْ بِهَا حَاجَتِيْ، وَتَعْصِمُنِيْ بِهَا مِنْ كُلِّ سُوْءٍ. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu rahmat dari sisi-Mu, yang denganya Engkau menunjuki hatiku, mengumpulkan yang terserak dariku, memperbaiki apa yang kusut padaku, mengembalikan padaku kesenanga

Kiat-Kiat Sukses Merubah Pola Kebiasaan Hidup Ala Babah Ghofur

Babah Ghofur pernah ngendikan (berkata), “Selama empat puluh hari seseorang bisa merubah kebiasaannya”. Saat itu Babah Ghofur sedang menasihati santri-santrinya yang sudah mendekati kelulusan. Setiap sebelum hari kelulusan tradisi santri di sini adalah sowan kepada para Masyayikh, terutama kepada zurriyyah (keturunan-keturunan) Mbah Maimoen Zubair. Bertepatan pada waktu itu, yang sowan kepada Babah Ghofur adalah santri MA Al-Anwar 2, putra-putri. Saat itu mereka sowan atau bermajlis di mushala Al-Anwar 3. Pesan yang disampaikan Babah Ghofur saat itu adalah agar santri-santrinya ketika sudah pulang ke rumah masing-masing nanti tetap istikamah menjalankan ajaran-ajaran yang sudah diajarkan di pondok pesantren. Ilmu yang sudah didapatkan agar selalu diamalkan. Baik untuk pegangan diri sendiri atau untuk disebarkan kepada khalayak luas. Babah Ghofur ngendikan, karena gak semua yang pulang dari sini menjadi ustaz semuanya. Ada yang jadi pedagang, ada yang bertani, ada yang buka usaha, mace